Disusun Oleh : Muhammad Nugraha Mansur
PENDAHULUAN
Berhubungan dengan inginnya meningkatkan
silahturahmi baik sesama angkatan dan antara angkatan satu Jurusan maupun antar
ketiga Jurusan dalam Fakultas Teknologi Industri. Universitas Muslim Indonesia.
Ini membuat pihak lembaga berfikir dan bekerja keras dalam membuat suatu rancangan
kerja dalam mengagendakan suatu kegiatan-kegiatan yang berkualitas dengan tidak
lupa visi misi Fakultas maupun Universitas.
Setelah dimulainya tahun ajaran baru 2012/2013, dimana
seluruh institusi pendidikan telah melaksanakan kegiatan penerimaan
siswa/mahasiswa baru tak terkecuali Fakultas
Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia. Dimana para mahasiswa baru ini mengalami masa peralihan dari siswa menjadi
mahasiswa.
Oleh karena itu, Badan Eksekutif
Mahasiswa FakultasTeknologiIndustriUniversitas
Muslim Indonesia dalam salah satu agenda tahunannya untuk menyambut para
mahasiswa baru, adapun kegiatan tersebut yang
telah terlaksana yaitu “LDK – Latihan Dasar
Kepemimpinan” dengan temanya “Rekonstruksi
Paradigma Intelektual Mahasiswa, antara Pendidikan dan Pengabdian Mahasiswa”. Dan
kini dalam mengakhiri masa mahasiswa baru tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa FakultasTeknlogi
Industri akan menyelenggarakan kegiatan“
INAUGURASI “ yang pertama kalinya di Fakultas Teknologi Industri dan yang
menjadi pesertanya adalah ANGKATAN 2012.
Kegiatan ini juga akan menjadi kegiatan tahunan. Tema dari pada kegiatan ini yaitu “ Romantisme Kampung Belakang ”.
Tema “ Romantisme
Kampung Belakang ” sengaja diangkat oleh pihak steriing comitte karena
mendengar dan melihat kondisi Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim
Indonesia tidak seperti yang dulu dalam artian FakultasTeknologi Industri Universitas
Muslim Indonesia dulu ramai akan kegiatan mahasiswanya juga keakraban antar mahasiswa
masih terjaga. Dengan tema ini diharapkan nuansa kampung yang kental dengan kekeluargaannya
dapat diterapkan di Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia dengan
penuh romantisme.
NAMA
KEGIATAN
“ KEGIATAN INAGURASI
ANGKATAN 2012 ”
TEMA KEGIATAN
“ Romantisme Kampung Belakang ”
TUJUAN KEGIATAN
1. Mengukuhkan
angkatan 2012 Fakultas Teknologi Industri.
2. Menjalin silahturahmi
antar sesama angkatan 2012 dan masyarakat Fakultas Teknologi Industri.
3. Menggali kreativitas
mahasiswa di bidang seni dan menampilkan seni-seni tradisional agar tidak di
lupakan seiring berkembangnya zaman.
4. Memperkenalkan
FTI-UMI dikalangan masyarakatdan di Perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang
Industri.
AGENDA ACARA
KEGIATAN
·
PraInagurasi
Ø Dzikir
Akbar
Ø GotongRoyang
Ø Lomba-lomba
1. Pertarungan
angkasa (layang-layang)
2. Tarik tambang
3. Lari Karung
·
Inagurasi
Ø Pengukuhan
Angkatan 2012
Ø Pertunjukan
Seni (Paduan suara, SeniTari, Teater, Parodi, Musik, Percusi)
Ø Pemutaran
Film Dokumenter 2012
·
PascaInagurasi
Ø Out bond
SASARAN KEGIATAN
Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas
Muslim Indonesia
Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia
Masyarakat
Siswa SMA/SMU
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
·
PraInagurasi
Ø Dzikir
Akbar, Kegiatan ini dilaksanan pada Hari / Tanggal, Jum’at 5 April 2013
bertempat di Masjid BesarUniversitas Muslim Indonesia.
Ø Gotong Royong,
Kegiatan ini dilaksnakan pada Hari / Tanggal Sabtu 6 April 2013 bertempat di
Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia.
Ø Perlombaan,
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa 11 Juni 2013 bertempat di pelataran Fakultas
Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia.
·
Inagurasi
Kegiatan ini
dilaksanakan pada Hari / Tanggal, Minggu, 30 Juni 2013 bertempat di Gedung CCC
Makassar.
·
PascaInagurasi
Kegiatan ini
dilaksanakan pada Hari / Tanggal,Minggu, 2 Juli 2013 bertempatdi Malino.
SUSUNAN KEPANITIAAN
(Terlampir)
ANGGARAN DANA
(Terlampir)
SUMBER DANA
1. Kontribusi
Tiap Peserta,
2. Universitas
Muslim Indonesia,
3. Fakultas Teknologi
Industri Universitas Muslim Indonesia,
4. Badan Eksekutif
Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia,
5. Sponsorship,
dan
6. Pencariandana
lain yang halal dan Tidak mengikat oleh Pihak manapun.
PENUTUP
Demikianlah proposal kegiatan ini
kami buat, agar kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan
kegiatan ini. Kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara ini, kami
ucapkan terima kasih.
Makassar, 11April 2013
Panitia
Pelaksana Inagurasi Angkatan 2012
Fakultas
Teknologi Industri
Universitas Muslim
Indonesia
Ketua
Sekretaris
------------------------------------------------- ---------------------
Mengetahui,
An. Dekan ----------- Pengurus Bem
-------------------------------------------------- ------------------
Wakil Dekan -------------- Ketua
Umum
Lampiran I
Pelindung : Nama
( Rektor)
Penasehat :
Nama ( Dekan )
Nama
( Wakil Dekan I )
Nama ( Wakil dekan II )
Nama ( Wakil dekan III )
Nama ( Wakil dekan IV )
Penanggung Jawab
:
Pengurus
Badan Eksekutif Mahasiswa ........
Steering Committe
Koordinator
: .............
Anggota
: ............
Panitia Pelaksana
Ketua Pelaksana : ................
Sekretaris :
................
Bendahara :
.................
DIVISI-DIVISI
DIVISI HUMAS
Koordinator :
.................
Anggota :
.................
DIVISI PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI
Koordinator :
...............
Anggota :
................
DIVISI PERLENGKAPAN
Koordinator :
..................
Anggota :
..................
DIVISI DANA USAHA
Koordinator :....................
Anggota :
...................
DEVISI KONSUMSI
Koordinator :
..................
Anggota :
..................
DIVISI ACARA
Koordinator :
..................
Anggota :
...................
Lampiran II
Anggaran
Dana Inagurasi Angkatan
2012 Fakultas Teknologi Industri
1.
PraInagurasi
Dzikir Akbar
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Paket Catering Peserta (170 Kotak)
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 750.000,-
|
2.
|
Paket Catering Tamu( 20 Kotak )
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 200.000,-
|
3.
|
Tranportasi
|
Rp. 25.000,-
|
Rp. 25.000,-
|
4.
|
Aqua Gelas (2 dos)
|
Rp. 25.000,-
|
Rp. 50.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
1.025.000,-
|
GotongRoyong
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
SapuIjuk (4 Buah)
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 40.000,-
|
2.
|
SapuLidi (4 Buah)
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 40.000,-
|
3.
|
Sirup (2 Botol)
|
Rp. 18.000,-
|
Rp. 32.000,-
|
4.
|
Air Galon (1 Galon)
|
Rp. 4.000,-
|
Rp. 4.000,-
|
5.
|
EsBatu (10 Buah)
|
RP. 1.000,-
|
Rp. 10.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 126.000,-
|
Perlombaan
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
PialaBesar (3
Buah)
|
Rp. 150.000,-
|
Rp
450.000,-
|
2.
|
PialaBiasa (6 Buah)
|
Rp. 100.000,-
|
Rp. 100.000,-
|
3.
|
UangHadiahJuara 1 (3 Lomba)
|
Rp. 300.000
|
Rp. 900.000,-
|
4.
|
UangHadiahJuara 2 dan 3 (3 lomba)
|
Rp. 200.000,-
|
Rp. 1.200.000,-
|
5.
|
Paket Catering
(250 Kotak)
|
RP. 5.000,-
|
Rp. 1.250.000,-
|
6.
|
BiayaTakTerduga
|
Rp. 50.000,-
|
Rp. 50.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
3.950.000,-
|
2.
Inagurasi
Devisi
Kesekretariatan
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Kertas
HVS 70 gram ( 2 Rim )
|
Rp. 23.000,-
|
Rp. 46.000,-
|
2.
|
Stempel
( 1 Buah )
|
Rp. 35.000,-
|
Rp. 35.000,-
|
3.
|
Tinta
Stempel
|
Rp. 6.000,-
|
Rp. 6.000,-
|
4.
|
Amplop
Surat ( 2 Kotak )
|
Rp. 25.000,-
|
Rp. 50.000,-
|
5.
|
Pengadaan
Proposal ( 20 Buah )
|
RP. 30.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
6.
|
Buku
Tamu ( 3 Buah )
|
Rp. 7.500,-
|
Rp. 22.500,-
|
7.
|
Block
Note ( 500 Buah )
|
Rp. 3.000,-
|
Rp. 1.500.000,-
|
8.
|
Baju
Inagurasi (250 buah)
|
Rp. 35.000,-
|
Rp. 8.750.000,-
|
9.
|
Alat-alat
kesekretariatan
|
Rp. 100.000,-
|
Rp. 100.000,-
|
10.
|
Cetak
surat undangan (500 Buah)
|
Rp. 7.500,-
|
Rp. 3.750.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 14.853.500,-
|
Devisi Pubdok
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Pamflet
2 rim
|
Rp. 300.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
2.
|
Spanduk 10 Buah
|
Rp. 150.000,-
|
Rp 1.500.000,-
|
3.
|
Baliho 5 Buah
|
Rp. 200.000,-
|
Rp. 1.000.000,-
|
4.
|
Bendera 10 Buah
|
Rp. 30.000,-
|
Rp. 3.00.000,-
|
6.
|
Media Center
|
Rp. 4.000.000,-
|
Rp. 4.000.000,-
|
7.
|
Publikasi Media Elektronik
|
Rp. 1.500.000,-
|
Rp. 1.500.000,-
|
8.
|
Back Drop
|
Rp. 1.500.000,-
|
Rp. 1.500.000,-
|
9.
|
PembuatanFilm Dokumentasi
|
Rp. 2.500.000,-
|
Rp. 2.500.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
14.440.000,-
|
Devisi Konsumsi
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Paket Catering ( 500 Orang )
|
Rp. 5,000,-
|
Rp. 2.500.000,-
|
2.
|
Air Minum ( 20 Dus )
|
Rp. 13.000,-
|
Rp. 260.000,-
|
3.
|
Makan Panitia ( 64 Orang )
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 640.000,-
|
6.
|
Paket Kue TamuPenting (20 orang)
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 200.000,-
|
9.
|
Air Minum Botol ( 20 Botol )
|
Rp. 2.000,-
|
Rp. 400.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
4.000.000,-
|
Devisi Acara
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
GajiPelatih
|
Rp. 1.500.000,-
|
Rp. 1.500.000,-
|
2.
|
Gaji Instruktur Teater
|
Rp. 1.500.000,-
|
Rp. 1.500.000,-
|
3.
|
Sewa Kostum Teater
|
Rp. 500.000,-
|
Rp 500.000,-
|
4.
|
Sewa Kostum MC
|
Rp. 100.000,-
|
Rp. 1.000.000,-
|
5.
|
Sewa Kostum teater
|
Rp. 1.000.000,-
|
Rp. 1.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 5.500.000,-
|
Devisi Perlengkapan
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Sewa Tenda ( 5 Unit )
|
Rp. 150.000,-
|
Rp. 750.000,-
|
2.
|
Sound System ( 2 Hari )
|
Rp. 1.750.000,-
|
Rp. 3.500.000,-
|
3.
|
Skat Sketsel ( 5 Unit )
|
Rp. 500.000,-
|
Rp 2.500.000,-
|
4.
|
Sewa Perlengkapan Band
|
Rp. 5.000.000,-
|
Rp. 5.000.000,-
|
5.
|
Biaya Kebersihan
|
Rp. 175.000,-
|
Rp. 175.000,-
|
6.
|
Sewa gedung
|
Rp. 7.500.000,-
|
Rp. 7.500.000,-
|
7.
|
Dekorasi Panggung
|
Rp. 5.000.000,-
|
Rp. 5.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 24.425.000,-
|
Devisi Humas
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
BBM
a. Mobil ( 50 Liter )
b. Motor ( 10 Liter )]
c. lain-lain 1 liter
|
Rp. 4.500,-
Rp. 4.500,-
Rp. 4.500,-
|
Rp. 225.000,-
Rp. 45.000,-
Rp. 4.500,-
|
2.
|
Rental
Mobil (2 buah)
|
Rp. 300.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 874.500,-
|
||
Total
|
Rp. 64.093.000,-
|
||
Estimasi
Dana
|
Rp. 64,093.000,-
|
3. Pasca Inagurasi
Out bond
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Bus (4 buah)
|
Rp. 1.500.000,-
|
Rp. 6.000.000,-
|
2.
|
Mini Bus (5 buah)
|
Rp. 300.000,-
|
Rp. 1.500.000,-
|
3.
|
Paket Catering PesertadanPanitia (325 Kotak)
|
Rp. 10.000,-
|
Rp. 3.250.000,-
|
4.
|
Paket Catering Dosen (50 Kotak)
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 750.000,-
|
5.
|
Aqua Gelas (10 Dos)
|
Rp. 25.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
6.
|
BiayaTakTerduga
|
Rp. 100.000,-
|
Rp.
100.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
12.200.000,-
|
SPONSORSHIP
Bertolak
dari konsep yang kami tawarkan di atas, kami menyadari bahwa proses pelaksanaan
dan pekerjaan suatu proyek adalah hal yang tidak mudah apabila tidak didukung
oleh pihak sponsor. Dengan alasan itulah kami berkeinginan untuk menawarkan
kepada pihak sponsor untuk dapat menguntungkan. Berikut kami lampirkan tentang SPONSORSHIP yang akan menjadi
pertimbangan dari uraian bagi pihak sponsor.
Pada bagian ini kami membagi pihak sponsor atas 6, yaitu :
1.
Sponsor Tunggal
2.
Sponsor Utama
3.
Sponsor Pendamping
4.
Sponsor Pendukung
5.
Sponsor
PaketAcara
6.
Sponsor
Biasa
Berikut uraiannya :
SPONSOR TUNGGAL
Bila pihak tersebut bersedia memberi dana
100 % dari total biaya operasional Rp……………………,- maka pihak tersebut di
kategorikan SPONSOR TUNGGAL
- Sponsor tunggal berhak menempatkan logo atau nama perusahaan pada judul dan tema, serta konsep kegiatan dapat ditentukan atau dibicarakan dengan pihak penyelenggara, dengan tujuan penyesuaian karakteristik promosi yang sesuai dengan produk atau keinginan dari pihak sponsor.
- Untuk media publikasi di luar kegiatan seperti : Baliho, Spanduk dan Brosur / Poster akan mendapat kontraprestasi penempatan ruangan iklan sebesar 100 %.
- (Seratus Persen) dari setiap media tersedia, sebelum kegiatan sampai kegiatan selesai.
- Untuk media publikasi di dalam area kegiatan seperti : local area spanduk akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruang iklan sebesar 100 % (seratus persen) dari setiap media yang tersedia.
- Untuk media publikasi cetak dan elektronik seperti surat kabar dan radio, masing-masing akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruang iklan sebesar 100 % (seratus persen) dari setiap media yang tersedia.
- Sponsor tunggal berhak mendapatkan sampling Produk sesuai dengan kapasitas yang diinginkan oleh sponsor.
SPONSOR UTAMA
Bila pihak tersebut bersedia memberi dana
75 % dari total biaya operasional Rp……………………,- maka pihak tersebut di
kategorikan SPONSOR UTAMA
- Sponsor utama berhak menempatkan logo atau nama perusahaan pada judul dan tema kegiatan dengan kontraprestasi penempatannya sebesar 75 % (tujuh puluh lima persen) dari yang disediakan.
- Untuk media publikasi di luar kegiatan seperti : Baliho, Spanduk dan Brosur / Poster akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruangan iklan sebesar 75 % (tujuh puluh lima persen) dari setiap media yang tersedia.
- Untuk media publikasi di dalam area kegiatan seperti : local area spanduk akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruang iklan sebesar 75 % (tujuh puluh lima persen) dari setiap media yang tersedia.
- Untuk media publikasi cetak dan elektronik seperti surat kabar dan radio, masing-masing akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruang iklan sebesar 75 % (tujuh puluh lima persen) dari setiap media yang tersedia.
- Sponsor utama berhak mendapat sampling Produk sesuai dengan kapasitas yang diinginkan oleh sponsor.
SPONSOR PENDAMPING
Bila pihak tersebut bersedia memberi dana
50 % dari total biaya operasional Rp……………………,- maka pihak tersebut di
kategorikan SPONSOR PENDAMPING
- Untuk media publikasi di luar kegiatan seperti : Baliho, Spanduk dan Brosur akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruangan iklan sebesar 50 % (lima puluh persen) dari setiap media yang tersedia sampai kegiatan selesai.
- Untuk media publikasi di dalam area kegiatan seperti : local area spanduk akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruang iklan sebesar 50 % (lima puluh persen) dari setiap media yang tersedia.
- Untuk media publikasi cetak dan elektronik seperti surat kabar dan radio, masing-masing akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruang iklan sebesar 50 % (lima puluh persen) dari setiap media yang tersedia. (sebelum kegiatan untuk radio).
- Sponsor pendamping dapat melakukan negoisasi dengan pihak penyelenggara kegiatan dalam hal pertukaran promosi atau berupa games dari pihak sponsor.
SPONSOR PENDUKUNG
Bila pihak tersebut bersedia memberi dana 25 % dari total biaya
operasional Rp……………………,- maka pihak tersebut di kategorikan SPONSOR PENDUKUNG
- Untuk media publikasi di luar kegiatan seperti : Baliho, Spanduk dan Brosur akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruangan iklan sebesar 25 % (dua puluh lima persen) dari setiap media yang tersedia sampai kegiatan selesai.
- Untuk media publikasi di dalam area kegiatan seperti : local area spanduk akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruang iklan sebesar 25 % (dua puluh lima persen) dari setiap media yang tersedia.
- Untuk media publikasi cetak dan elektronik seperti surat kabar dan radio, masing-masing akan mendapatkan kontraprestasi penempatan ruang iklan sebesar 25 % (dua puluh lima persen) dari setiap media yang tersedia. (sebelum kegiatan untuk radio).
- Sponsor pendamping dapat melakukan negoisasi dengan pihak penyelenggara kegiatan dalam hal pertukaran promosi atau berupa games dari pihak sponsor.
SPONSOR PAKET ACARA
Sponsor PaketAcara,
yaitu Pihak yang akan menanggung seluruh dana yang dibutuhkan pada acara selama
kegiatan berlangsung. Dengan ketentuan sebagai berikut:
I.
Sponsor
Paket Acara Perlombaan, yaitu Pihak
yang akan menangggung dana yang dibutuhkan untuk seluruh acara selama kegiatan berlangsung.
II.
Sponsor
Paket Acara Inagurasi, yaitu Pihak
yang akan menanggung dana yang dibutuhkan untuk seluruh acara selama kegiatan berlangsung.
III.
Sponsor
Paket Acara Pasca Inagurasi, yaitu Pihak yang akan menanggung dana yang
dibutuhkan untuk seluruh acara selama kegiatan berlangsung.
SPONSOR
BIASA
Sponsor Biasa, yaitu Pihak yang membantu pendanaan kegiatan ini dengan
pengadaan dana atau fasilitas tertentu, sesuai dengan keinginan sponsor
berdasarkan besaran yang kami ajukan.
Untuk kebutuhan lainnya silahkan komentar..
Proposal Inaugurasi Angkatan 2012 (Download) Klik Disini
0 Response to "Contoh Proposal Kegiatan Inaugurasi"
Posting Komentar